Senin, 01 Juli 2019

8 Langkah Mudah Membuat Event yang Sukses

ArthurTeknik.com - 8 Langkah Mudah Mebuat Event yang Sukses | Menyelanggarakan event menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Persiapan yang matang, susunan acara yang menarik serta strategi marketing yang tepat sasaran menjadi kunci kesuksesan sebuah event.

Mungkin menyelenggarakan event untuk pertama kalinya akan terasa sulit karena belum memiliki pengalaman, akan tetapi pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas langkah-langkah mudah untuk membuat event yang sukses. Sehingga harapanya dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk membuat event yang sukses tersebut jadi lebih mudah.


Langsung saja, berikut ini adalah 8 langkah mudah membuat event yang sukses :

1. Menentukan Tujuan Event

Bayangkan event yang Anda selenggarakan tidak memiliki tujuan yang jelas, bisa jadi event tersebut akan berjalan biasa-biasa saja dan tidak mendapatkan respon yang cukup baik akibat tujuan yang tidak jelas tersebut.

Oleh karena itu, langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat event yang sukses pertama kali adalah menentukan apa tujuan event yang akan Anda selenggarakan. Misalnya seperti dalam rangka apa event itu dibuat dan apa tujuannya, kemudian Anda juga ingin mentarget pengunjung yang seperti apa. Dengan mengetahui tujuan-tujuan seperti yang telah disebutkan tadi akan membuat perancangan strategi marketing yang Anda lakukan jadi lebih mudah.

2. Melakukan Riset

Setelah tujuan ditentukan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset. Lakukanlah riset dan kumpulkan informasi yang lengkap terkait dengan event yang akan Anda selenggarakan.

Lakukan riset seperti dimana tempat yang tepat untuk event yang Anda selenggarakan, kemudian lakukan juga riset seperti mendata seberapa banyak peminat yang akan datang jika event tersebut dilaksanakan, dan juga lakukan riset adakah cara yang bisa dilakukan untuk menambah peminat event Anda. Misalnya seperti undang artis tertentu, tokoh masyarakat tertentu, dan sebagainya.

Semakin lengkap data yang Anda kumpulkan melalui riset, maka akan semakin bagus dan membuat acara yang Anda jalankan nantinya berjalan dengan sukses.

3. Mencari dan Membentuk Tim yang Tepat

Setelah tujuan didapat, riset juga sudah mendapatkan data yang cukup, selanjutnya adalah mencari dan membentuk tim yang tepat untuk menjalankan event tersebut. Pastikan Anda memilih tim yang kompeten dibidangnya agar event dapat diselenggarakan dengan maksimal.

Buatlah rincian tim seperti apa yang Anda butuhkan, kemudian buatlah list Anda memerlukan bagian-bagian apa saja dan harus orang seperti apa yang harus mengisi posisi tersebut. Ketika semuanya sudah jelas, berikutnya carilah orang-orang tersebut dan bentuklah tim yang kompak dan solid.

4. Merencanakan Promosi yang Menarik

Promosi adalah aktivitas penting yang wajib sekali dilakukan untuk menggait banyak orang. Tanpa promosi, event yang Anda seleggarakan bisa sepi karena tidak banyak yang tahu. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu melakukan promosi. Jika bisa, buatlah promosi yang menarik dan memiliki sensasi agar banyak orang yang semakin tertarik dengan event Anda.

5. Merencanakan Susunan Acara yang Menarik

Meskipun tujuan sudah ditetapkan, Anda juga tetap memerlukan susunan acara yang matang. Susunan acara ini akan menjadi guide Anda dalam menjalankan event. Buatlah susunan acara yang rinci, misalnya seperti susunan acara yang lengkap dengan waktu dan pelakunya.

Pastikan bagian inti dari acara Anda muncul pada waktu yang tepat dan sebisa mungkin buatlah susunan acara yang menyenangkan agar orang tidak bosan ketika menghadiri event Anda.

6. Melakukan Pemasaran Event

Langkah-langkah di atas sebenarnya masuk dalam kategori persiapan. Karena itulah pada langkah yang ke-6 ini tugas Anda selanjutnya adalah melakukan pemasaran event. Pastikan tiket event yang Anda buat habis terjual tak tersisa satu kursi pun.

Sebenarnya konsep pemasaran ini mirip dengan promosi, namun yang membedakannya adalah terjadinya transaksi. Jika promosi adalah upaya untuk memberitahukan kepada masyarakat luas tentang event Anda, sedangkan pemasaran lebih menjual tiket event Anda agar laris terjual.

Upaya pemasaran dan penjualan tiket akan jauh lebih mudah jika Anda telah melakukan promosi sebelumnya. Hal ini dikarenakan ketika Anda melakukan promosi, banyak orang sudah teredukasi tentang event tersebut. Sehingga penetrasi Anda menjual tiket menjadi lebih mudah karena orang sudah tahu sebelumnya. Jadi jika Anda ingin melakukan pemasaran event, jangan lupa terlebih dahulu Anda harus melakukan promosi.

7. Memastikan Persiapan dan Susunan Acara Berjalan dengan Lancar

Kini kita masuk ke langkah terakhir untuk membuat event yang sukses. Langkah terakhir ini susah-susah gampang. Susah karena Anda harus benar-benar mengawal prosesi event Anda dari awal sampai selesai dengan teliti. Pastikan semuanya berjalan lancar sesuai dengan persiapan dan susunan acara Anda.

Hal yang paling fatal dan perlu Anda waspadai terkait dengan menyelenggarakan event ini adalah kebutuhan pasokan listrik yang mupuni, stabil dan terbebas dari penjadwalan pemadaman listrik. Agar lebih aman lagi, Anda bisa menggunakan vendor atau pihak ketiga untuk membackup listrik Anda. Misalnya seperti bekerjasama dengan PT Arthur Teknik selaku penyedia layanan jasa kelistrikan dan sewa pendingin ruangan.

Arthur Teknik mampu mendukung berbagai event yang Anda selenggarakan dengan layanan yang cukup profesional seperti jasa sewa genset syncronize, jasa instalasi kelistrikan booth, jasa sewa ac dan jasa sewa misty fan.

Apabila Anda ingin bekerjasama dengan Arthur Teknik ataupun membutuhkan informasi lainnya terkait dengan produk dan layanan Arthur Teknik bisa menghubungi kontak di bawah ini :

Telepon 1 : +6281316854183 (Jakarta)
Telepon 2 : +628111836468 (Jakarta)
Telepon 3 : +6281210463637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818960565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sewa Genset Jakarta Terbaik

  Arthurteknik.com - Tidak dapat disangkal bahwa kita dimanjakan oleh kenyamanan dan kemudahan yang datang dengan penemuan listrik. Dari la...