Senin, 15 Juli 2019

Cara Membuat Pentas Seni Layaknya Event Organizer Profesional

ArthurTeknik.comCara Membuat Pentas Seni Layaknya Event Organizer Profesional | Mengadakan pentas seni di sekolah rasanya selalu menyenangkan dan jarang sekali bisa Anda dapatkan berulang-ulang. Membuat event ini dapat menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika event tersebut bisa sukses mendatangkan banyak pengunjung, tentu ada perasaan senang dan bangga yang bisa Anda rasakan.

Permasalahannya, tidak semua orang bisa dengan mudah untuk membuat event seperti ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat pentas seni layaknya event organizer professional. Harapannya agar Anda mendapatkan inspirasi serta memiliki gambaran tentang hal-hal apa saja yang sebenarnya harus Anda lakukan untuk membuat pentas seni.




Sebenarnya membuat event tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, jika Anda memiliki ilmunya serta sudah berpengalaman maka membuat event ini akan mudah. Meski demikian, tetap dibutuhkan pemikiran, persiapan serta kesigapan yang tinggi agar event dapat berjalan lancar nantinya. 

Bicara akan persiapan, seperti yang Anda ketahui tergesa-gesa hanya akan membuat segala macam persiapan Anda menjadi kurang optimal. Bisa saja ada kesalahan kecil yang tidak terlihat dan membuat segalanya menjadi berantakan seketika. Karena itulah yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mempersiapkan pentas seni ini dari jauh-jauh hari.

Berikut ini ada beberapa cara-cara yang bisa Anda ikuti agar dapat membuat pentas seni layaknya event organizer profesional :

1. Bentuk Kepanitian

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuat pentas seni layaknya event organizer profesional adalah dengan membentuk kepantiaan. Carilah orang-orang terbaik yang bisa Anda temukan untuk membantu Anda membuat pentas seni tersebut. Bekerjasama dengan tim, tentu jauh lebih ringan dibandingkan Anda harus bekerja seorang diri mengurus semua hal.

Panitia adalah para pelaksana yang akan bertanggung jawab terhadap kelangsungan event pentas seni yang akan Anda selenggarakan nantinya. Dengan orang-orang yang memiliki kompetensi dan memang berniat membantu Anda membuat pentas seni ini, maka bisa dipastikan pentas seni akan berjalan lancar dan sukses.

2. Susun Konsep yang Unik dan Menarik

Cara kedua yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan mencari dan menyusun konsep yang unik dan menarik. Tidak bisa dipungkiri, sebuah konsep akan menentukan apakah sebuah event tersebut layak untuk dihadiri atau tidak.

Jika event Anda mampu memberikan daya tarik yang tinggi tentu akan membuat banyak orang yang ingin hadir menyaksikan event pentas seni Anda. Sebaliknya, jika event yang Anda buat konsepnya terlalu biasa dan tidak ekslusif maka peluang event pentas seni Anda diabaikan juga sangat besar.

Kesimpulannya adalah susun konsep yang menarik dan pastikan konsep tersebut unik dan berbeda dari konsep-konsep pentas seni pada umumnya. Dengan demikian akan tercipta daya tarik tersendiri yang akan membuat pentas seni Anda menjadi ramai dihadiri oleh banyak orang.

3. Minta Bantuan Alumni

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk membuat pentas seni layaknya event organizer profesional adalah dengan cara memiliki koneksi yang banyak. Carilah koneksi yang memudahkan Anda dalam menyelenggarakan pentas seni tersebut. Misalnya seperti koneksi jasa sewa panggung yang akan membantu Anda agar panggung event dapat disiapkan tanpa perlu tim Anda yang turun tangan. Dengan memiliki koneksi yang banyak dan dapat membantu Anda menyelenggarakan event akan membuat beban kerja Anda semakin ringan.

Jika Anda kesulitan dan tidak memiliki koneksi sama sekali, maka jangan khawatir. Sebab Anda juga bisa memanfaatkan bantuan alumni. Jangan remehkan alumni-alumni sekolah Anda, jika mungkin pada saat masih sekolah mereka belumlah jadi apa-apa tapi belum tentu hal tersebut berlaku selamanya. Bisa jadi saat ini beberapa alumni sekolah Anda telah sukses sehingga bisa membantu Anda dalam membuat pentas seni tersebut. Setidaknya jika tidak sukses, minimal mereka pastilah memiliki beberapa koneksi yang mungkin bisa membantu Anda.

4. Mencari Sponsor

Setelah Anda menjalin koneksi dan kerjasama dari berbagai pihak, maka problem yang biasa ditemui adalah terlihatnya anngaran dana yang harus dikeluarkan begitu besar. Hal ini wajar mengingat konsep yang akan Anda gunakan untuk membuat pentas seni adalah unik dan menarik. Jangan khawatir akan hal tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan cara mencari sponsor.

Carilah sponsor yang siap membantu Anda untuk sukses menyelenggarakan event pentas seni di sekolah Anda. Untuk mendapatkan sponsor ini sebenarnya susah-susah gampang, tapi jika Anda mengetahui caranya dan gigih dalam berusaha pastilah sponsor bisa di dapatkan.

Pembahasan yang lebih banyak tentang sponsor ini bisa Anda baca lebih lanjut pada artikel berikut ini : Tips Membuat Event Dengan Dana Sponsor

5. Lengkapi Peralatan dan Perlengkapan

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan juga untuk membuat pentas seni yang sukses adalah dengan cara melengkapi peralatan dan perlengkapan yang digunakan untuk pentas seni tersebut. Di sini juga akan terlihat perbedaan pentas seni yang dibuat oleh para profesional dan orang biasa. Tentunya peralatan dan perlengkapan yang digunakan oleh event organizer profesional lebih lengkap dibandingkan perorangan.

Lalu peralatan dan perlengkapan seperti apa yang dimaksud? Ada banyak peralatan dan perlengkapan yang dimaksud, namun beberapa diantaranya seperti lampu panggung, mixer sound system, misty fan, dan genset. Salah satu yang paling utama dan wajib untuk Anda gunakan adalah genset. Sebab genset inilah yang akan membackup kelistrikan pentas seni Anda ketika acara berlangsung.

Bayangkan bila event pentas seni yang Anda jalankan tiba-tiba harus terhenti dikarenakan adanya pemadaman listrik ataupun listrik yang tidak kuat mengangkat peralatan pentas seni Anda seperti sound system misalnya. Tentu hal ini akan sangat menjengkelkan baik bagi para pengunjung maupun para peserta yang berpartisipasi dalam pentas seni Anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dibutuhkan genset untuk menjadi cadangan daya listriknya. Bagaimana jika Anda tidak memiliki genset? Jangan khawatir, sebab kini ada Arthur Teknik yang siap membantu Anda dalam urusan tersebut. Arthur Teknik menyediakan layanan jasa sewa genset syncronize murah untuk mendukung event yang akan Anda selenggarakan di seluruh Indonesia. Jadi jika Anda membutuhkan genset, maka jangan sungkan untuk menghubungi Arthur Teknik melalui link berikut ini : http://bog.arthurteknik.com/hubungi-kami/

6. Undang Wartawan

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk membuat pentas seni Anda sukses serta mirip dengan yang dikerjakan oleh para event organizer profesional adalah dari sisi publikasinya. Sebuah event yang dikerjakan oleh para event organizer profesional biasanya adalah event-event yang besar dan bergengsi. Event-event tersebut biasanya memiliki publikasi. Hal seperti inilah yang harus Anda contoh bahkan jika bisa Anda lakukan improvisasi agar publikasi tersebut bisa maksimal.

Zaman sekarang ini untuk mempublikasi suatu berita biasanya memanfaatkan sosial media untuk memviralkannya. Jika Anda mau, Anda bisa berimprovisasi yakni menggabungkan channel media online dan offline. Selain itu ada satu cara lainnya agar publikasi event pentas seni Anda bisa maksimal; yakni dengan cara mengundang wartawan untuk meliput event pentas seni yang akan Anda selenggarakan tersebut.

Demikian adalah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait dengan cara membuat pentas seni. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan Anda pencerahan serta inspirasi untuk membuat pentas seni layaknya event organizer profesional.

Sebagai informasi tambahan, jika Anda ingin membuat suasana pentas seni yang nyaman maka Anda wajib menggunakan pendingin udara seperti misty fan misalnya. Dengan menggunakan misty fan dan menempatkannya di berbagai posisi pentas seni Anda, maka suasana di sekitar lokasi tersebut akan jadi sangat nyaman.

Jika Anda membutuhkan misty fan dan genset untuk mendukung event pentas seni yang akan Anda selenggarakan, maka tidak ada salahnya coba menghubungi Arthur Teknik. Sebab Arthur Teknik menyediakan jasa rental misty fan untuk kebutuhan pendingin udara di sekitar event Anda. Bahkan jika event yang akan Anda selenggarakan nantinya berada di lokasi indoor, maka Arthur Teknik menyediakan juga jasa rental ac.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang Arthur Teknik ataupun ingin berkonsultasi terlebih dahulu tentang kebutuhan apa saja yang event pentas seni Anda perlukan bisa menghubungi kontak Arthur Teknik di bawah ini :

Telepon 1 : +6281316854183 (Jakarta)
Telepon 2 : +628111836468 (Jakarta)
Telepon 3 : +6281210463637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818960565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sewa Genset Jakarta Terbaik

  Arthurteknik.com - Tidak dapat disangkal bahwa kita dimanjakan oleh kenyamanan dan kemudahan yang datang dengan penemuan listrik. Dari la...