Senin, 26 Agustus 2019

Metode Mudah Mendeteksi dan Mengatasi Genset Bensin yang Sulit Dihidupkan

ArthurTeknik.com – Metode Mudah Mendeteksi dan Mengatasi Genset Bensin yang Sulit Dihidupkan |Mengoperasikan Genset dengan mudah dan lancar tanpa adanya kendala ketika dibutuhkan, seperti di saat terjadi pemadaman listrik tentu menjadi hal yang bagus untuk anda yang berbisnis genset. Tapi kerap kali kali tanpa kita sadari genset yang seharusnya bisa hidup dengan normal mendadak mati dan susah untuk dihidupkan kembali. Kelalaian dalam service perawatan rutin atau seringnya kita menunda untuk mengerjakan service rutin dengan alasan genset jarang di pakai, menyebabkan kita bertanya – tanya penyebab sulitnya genset untuk dihidupkan.



Disini Arthur Teknik akan memberikan Metode Mudah Mendeteksi dan Mengatasi Genset Bensin yang Sulit Dihidupkan yang bisa anda coba dan praktekkan sebelum anda membawanya ke bengkel atau menghubungi jasa service genset yang tentunya akan memakan biaya yang tak sedikit.
Mari kita simak kiat berikut:

Prinsip Dasar genset bahan bakar bensin
Agar mesin bensin bisa menyala dibutuhkan tiga faktor yang wajib dipenuhi yaitu bahan bakar, udara, dan api. Apabila salah satu atau lebih tiga faktor ini tak terpenuhi dipastikan mesin tak akan menyala. Oleh sebab itu dengan berpegang pada prinsip dasar di atas.

Dan berikut merupakan komponen – komponen yang wajib kita cek bila genset bensin sulit untuk dihidupkan diantaranya :

1.) Cek Bahan Bakar

Periksa bahan bakar di tangki bensin, apakah diisi atau kosong, apakah berkualitas baik atau tidak dan tidak salah untuk mengisinya dengan solar, apakah tidak tercampur dengan air, apakah tidak ada kotoran di tangki bensin, apakah bahan bakar itu mengalir lancar ke katup gas, filter bensin, dan selang bahan bakar karburator. Kuras dan bersihkan tangki bensin jika perlu. Bersihkan karburator jika perlu

2.) Cek Udara

Pemeriksaan udara di sini ditujukan untuk komponen filter udara. Apakah kualitas saringan udara masih dalam kondisi baik, bersih dan utuh. Jika filter udara kotor, itu akan mencegah sirkulasi udara memasuki saluran pembakaran. Jika saringan udara rusak dan rapuh, itu juga dapat memasuki ruang bakar yang akan mengganggu kemajuan pembakaran bensin. Ganti filter udara jika perlu

3.) Cek Api

Pemeriksaan pembakaran ini terkait dengan busi dan coil. Periksa kondisi busi, apakah api keluar atau mati, apakah busi kotor atau berair. Ganti busi dengan jenis yang sama jika diperlukan. Jika dengan busi baru busi juga tidak mengeluarkan api, oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut pada komponen coil busi oleh teknisi.

4.) Cek Oli

Ada sensor perlindungan oli pada komponen charter mesin. Jika oli sedikit atau kurang, sensornya jadi tidak tersentuh oli sehingga mesin tidak mau hidup. Karena itu, periksa apakah kapasitas oli cukup atau kurang. Jika tidak cukup, tambahkan ke batas atas dengan menerapkan oli standar yang direkomendasikan untuk genset seperti yang anda miliki.

5.) Cek Aki

Apabila pada ketika kita starter kunci kontak , terdengar bunyi perlahan dari dinamo starter dapat dipastikan aki telah soak. Lepas kabel aki , charge aki atau ganti aki bila dibutuhkan.

Sedikit Masukan
Untuk meminimalisir genset suli hidup atau rusak, yaitu dengan melakukan service atau perawatan rutin tiap 4 s/d 6 bulan sekali atau setiap 100 jam operasinal genset. Jangan menunggu genset rusak terlebih dulu atau sulit dihidupkan baru kita service dengan berpendapat jarang dipakai, sebab akan lebih bagus bila tiap genset kita di perlukan harus dalam keadaan bagus dan normal.

Itulah Metode Mudah Mendeteksi dan Mengatasi Genset Bensin yang Sulit Dihidupkan. Tidak lupa juga jika anda ingin menggunakan jasa penyewaan genset di Arhur Teknik ataupun ingin menggunakan jasa lainnya seperti jasa penyewaan misty fan, jasa rental ac, atau ingin berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim kami, maka Anda bisa menghubungi kontak di bawah ini:

Telepon 1 : +6281316854183 (Jakarta)
Telepon 2 : +628111836468 (Jakarta)
Telepon 3 : +6281210463637 (Jakarta)
Telepon 4 : +62818960565 (Bali)

Email : marketing@arthurteknik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sewa Genset Jakarta Terbaik

  Arthurteknik.com - Tidak dapat disangkal bahwa kita dimanjakan oleh kenyamanan dan kemudahan yang datang dengan penemuan listrik. Dari la...